Dieseling Pada Mobil Apa Itu ?

Posted on

gambar soloneoid pada mesin bensinPernahkah anda mengalami atau mengetahui ada mesin mobil yang masih bisa hidup saat kunci kontak sudah di matikan, itulah yang di namakan dieseling. Mesin mobil ini tidak mau mati karena masih ada sisa bahan bakar yang masuk kedalam silinder dan terbakar karena panas dari kerak yang membara di dalam bahan bakar sehingga masih terjadi pembakaran lanjutan.

Masalah ini muncul sering muncul dalam kendaraan bensin yang masih menggunakan karburator, walaupun tidak menutup gejala yang sama pada mobil yang sudah bermesin injeksi, inti permasalahannya adalah pada mekanisme pemutus bahan bakar yang di sebut solenoid, solenoid ini adalah katup yang bekerja untuk membuka dan menutup aliran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, solenoid bekerja dengan menggunakan arus listrik dari kunci kontak.

Tidak hanya karena permasalahan pada solenoid saja, kerak pada ruang bakar yang sudah menumpuk juga bisa jadi pemicunya ketika kerak ini panas dan membara akan menggantikan peran busi sehingga sisa-sisa bahan bakar di dalam ruang bakar akan terbakar dengan sendirinya. Jadi kesimpulannya penyebab dieseling ini adalah 2 hal yang berkaitan yaitu sistem bahan bakar yang tidak bisa di putus dan kerak karbon yang membara di dalam ruang bakar.

Gambar kerja dari solenoid pada mesin bensin karburator

ganbar solenoid karburator

Apa pengaruhnya jika dieseling ini kita biarkan?

  1. Ruang bakar akan penuh dengan bahan bakar akibatnya saat pertama kali di hidupkan akan susah sekali.
  2. Saat terjadi pembakaran susulan (kunci kontak off) akan mengalami ngelitik atau knocking yaitu pembakaran awal yang mengakibatkan piston berbenturan dengan dinding silinder hal ini tentu akan mengakibatkan kerusakan jika di biarkan terus terjadi.
  3. Busi akan basah dan cepat rusak, busi akan basah karena bahan bakar yang tidak terbakar semuanya berada di ruang bakar.

Solusinya

  • Ganti solenoid atau katupnya (biasanya ada seal yang bisa diganti, satu set dengan karburator kit)
  • Bersihkan ruang bakar secara berkala paling tidak 80.000 -100.000 km sekali bisa dengan top overhoul atau dengan menggunakan zat aditif (untuk membantu mengurangi)
  • Jangan membiasakan diri menginjak pedal gas sesaat sebelum mesin di matikan

Demikian artikel tentang mesin dieseling ini semoga bermanfaat,  dieseling tidak terjadi pada mobil bermesin diesel.

 >> Baca disini kenapa mesin diesel tidak bisa dieseling

Incoming search terms:

  • kunci kontak off mesin mobil masih hidup
  • apa itu deaseling
  • deaseling pada motor bensin terjadi di karenakan oleh
  • teknologi engine mobil suzuki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *