Panduan Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Posted on

Cara Mengendarai Mobil Matic – Mobil pada umumnya menggunakan 2 model transmisi yaitu manual dan matic, pada saat sekarang ini banyak sekali mobil sudah di bekali dengan transmisi otomatis dan manual. Masalah enak menggunakan matic atau manual itu adalah masalah selera saja, mobil matic memanng banyak di sukai karena lebih santai dan tidak perlu menginjak lagi pedal kopling karena memang sudah tidak menggunakan pedal kopling lagi, mobil matic juga tidak perlu sering-sering merubah tuas transmisi karena untuk perpindahan gigi sudah dilakukan secara otomatis sesuai dengan kondisi kecepatan mobil.

Mobil matic sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat dari awalnya hanya transmisi otomatis berubah menjadi ECT (Electronic Control Transmison) yang sudah di bantu komputer untuk mengendalikan selanjutnya berkembang lagi menjadi Super ECT yang sudah 100% di kontrol dengan komputer, selanjutnya muncul CVT yang banyak di pakai saat ini, dan tidak kalah juga adalah Tiptronik di mana mobil yang menggunakan transmisi jenis ini bisa di kendarai secara manual dan juga secara otomatis, kebanyakan untuk pengendaraan manual di tiptronik ini di lengkapi dengan tuas padle shift yang ada di belakang kemudi, sehingga untuk urusan menambah atau mengurangi posisi gigi cukup dengan menggunakan jari saja.

Untuk anda yang biasa menggunakan manual mungkin perlu sedikit informasi jika baru belajar menggunakan transmisi otomatis ini, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini beserta penjelasannya.

gambar-transmisi-matic-dan-cara-menggunakannya

Penjelasan

POSISI P

Dari urutan paling depan tuas di posisi P, posisi in hanya digunakan saat mobil sedang berhenti parkir, dengan di posisikan P maka transmisi akan mengunci dan mobil tidak bergerak saat anda keluar kendaraan pun dan akan pergi tuas harus di posisi P agar kunci kontak bisa di cabut, bagaimana jika posisi parkir mobil  adalah pararel seperti di mall-mall sedangkan saat keluar kendaraan harus posisi P agar kunci kontak di cabut, untuk itulah di pasangkan tombil shift lock, jika tombol ini di tekan anda dapat memindahkan dari P ke N dalam kondisi kunci kontak terlepas, pada beberapa kendaraan posisi shift lock ini berbeda-beda bahkan ada yang harus menggunakan ujung kunci untuk menekan tombol, itu hanya desainnya saja tetapi fungsinya sama.

POSISI R

R in digunakan untuk mundur, ketika anda merubah tuas transmisi misal dari P ke R atau dari D ke R anda harus menginjak pedal rem hal ini untuk pengaman, jika tidak di injak tidak mau pindah.

POSISI N

Posisi Netral, pada kondisi ini mobil tidak mengunci dan bisa di dorong maju atau mundur, ketika mau pindah atau jalan dari N ke D pedal rem harus di tekan.

POSISI D

Posisi D ini digunakan untuk semua jalan dengan semua tingkat kecepatan, jika di mobil manual dari gigi 1 sampai gigi 5.

POSISI 3

Dengan menggeser tuas sedikit ke kanan akan masuk ke posisi 3, posisi 3 ini artinya kecepatan mobil hanya sampai gigi 3 maksimal, hal ini bisa di gunakan ketika anda menginginkan akseleras i yang cepat ketika mau mendahului kendaran lain, dari posisi 3 ini bisa langsung di rubah ke D tanpa menginjak pedal rem karena saat sedang posisi jalan. Banyak orang yang kadang tidak tahu selama jalan menggunakan posisi 3 akibatnya kecepatan seperti di batasi, kalau digunakan di kota-kota masih tidak masalah.

POSISI 2

Posisi ini sama halnya dengan gigi 2 di mobil manual, digunakan saat kendaraan melewati jalan tanjakan atau turunan yang agak tajam.

POSISI L

Posisi ini sama halnya dengan gigi 1 di gunakan untuk tanjakan dan turunan yang curam, untuk mendapatkan engine brake, ketika jalan sudah normal kembali anda harus merubah ke posisi D atau 3.

jika mengendarai mobil matic dan macet di tanjakkan, tidak usah panik anda cukup pindah tuasnya ke posisi 2 atau L jika posisinya cukup curam, kombinasikan dengan hand rem, di mobil-mobil terbaru ada fitur yang namanya hill start, fitur ini akan mencegaj mobil untuk turun ke bawah saat berhenti di tanjakan walaupun kaki kita sudah lepas dari pedal rem untuk pindah ke pedal gas.

Itulah sedikit gambaran mengenai cara mengendarai mobil matic, menggunakan mobil matic lebih santai dan tidak capek, untuk keamanan dan kenyamanan sebaiknya periksakan secara berkala oli matic mobil anda, dan gunakan selalu oli sesuai rekomendasi dari dealer, karena salah memilih oli bisa mengakibatkan masalah fatal.

Incoming search terms:

  • persneling mobil matic avanza
  • cara mengemudi mobil matic
  • cara mengendarai mobil matic
  • cara mengemudi mobil matic avanza
  • mobil matic avanza
  • cara mengemudi fortuner matic
  • belajar mobil fortuner
  • cara menggunakan mobil altis matic
  • matic avanza
  • cara mengoprasikan mobil avansa metic

One thought on “Panduan Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *