4 Jenis Alpard Bekas Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Anda Beli

Posted on

Mobilupdate.net– Toyota Alphard memang menjadi salah satu mobil yang mewakili sisi sosial dan kelas kehidupan seseorang, lebih tepatnya ini mobil bukan hanya enak di pakai saja tetapi juga merupakan salah satu simbol kesuksesan seseorang, memang tidak hanya Toyota Alphard saja banyak mobil mewah lainnya seperti Lexus, BMW,Mercy, Range Rover dan lainnya tetapi karena yang paling banyak adalah Alphard jadi kali ini kami akan membahas tentang Alphard.

Saat ini di lapangan tidak hanya untuk seri Alphard yang baru saja yang laris untuk mobil bekas Alphard pun juga cukup laris di pasaran, bahkan dengan budget 150-200 juta anda sudah bisa memiliki kendaraan mewah dari Toyota ini, tapi berdasarkan pengalaman kami kebanyakan para pembeli ini tidak tahu berapa biaya yang harus di keluarkan kedepannya jika membeli kendaraan Alphard bekas ini, apalagi pertama kali mobil ini masuk tidak lewat ATPM tapi melalui importir umum.

Spare part sebagai komponen pendukung operasional kendaraan memiliki peran vital, nah di bawah ini akan saya jelaskan beberapa hal yang mungkin anda perlu siapkan jika anda ingin membeli Alphard bekas, tentu saja ini adalah budget yang kemungkinan anda keluarkan nantinya.

Alphard Lama 3000 cc Seri MNH10, MNH15

gambar toyota alphard 2001

Kurang seperti di atas adalah foto dari Alphard seri awal-awal dulu, mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas 3.000 cc 1MZ yang dan menggunakan transmisi otomatis, kelebihan dari mobil ini adalah menggunakan suspensi yang bisa di atur secara electric jika di bagian belakannya ada tulisan TEMS (biasanya di kaca belakang) dan inilah yang paling banyak menghabiskan budget jika mengalami kerusakan pada bagian suspensi, harga 1 pcs shock absorber electric ini mencapai belasan juta jika 4 harus ganti semua setidaknya anda harus merogoh kocek sekitar 30 jutaan, belum komponen lainnya seperti radiator 11 juta, brake pad depan 2 juta an, sliding door elektrik 2.6 juta itu semua jika menggunakan komponen yang original atau genuine part. Harga mobil ini di pasaran yang kami tahu sudah cukup murah, kisaran 150-200 juta sudah bisa mendapatkan mobil Alphard seri ini.

Alphard ANH10 Generasi pertama 2400 CC

gambar alphard mesin 2400 cc

Gambar saya ambil dari situs mobil123.com Alphard type ini menggunakan mesin yang lebih kecil yaitu 2400 cc dengan suspensi yang tidak menggunakan electric lagi tetapi sudah shockbreaker biasa yang lebih hemat kantong karena harga per pcs masih di bawah 4 juta, komponen lainnya yang mungkin sudah waktunya di ganti adalah engine mounting set, serta komponen yang masuk fast moving yang memang harus di ganti secara berkala seperti kampas rem, minyak dll. Jika anda memeliki budget lebih sebaiknya lebih memilih ini dari pada edisi yang sebelumnya yang MNH10. Tambahan juga mobil ini menggunakan steering yang masih fluida bukan EPS lebih enaknya lagi steering rack nya bisa di bongkar pasang jika ada komponen seperti long tie rod dan tie rod end rusak bisa di ganti secara partial tidak harus utuh kisaran harga di pasaran 200 juta ke atas.

Alphard 2400 CC Generasi kedua ANH20

gambar toyota alphard tahun 2010

Setelah sebelumnya ANH10 maka lahirlah generasi kedua ANH20 menggunakan mesin yang kapasitas nya masih sama yaitu 2400 cc perbedaan dari seri sebelunya adalah jumlah engine mounting mobil ini sudah ada 4, steering menggunakan EPS dimana anda harus mengganti steering rack assy jika mengalami kerusakan pada komponen ini, kosntruksi pintu sliding sudah beda dengan seri 2 sebelumnya jadi sudah tidak ada pergantian seling pintu lagi.

Kekurangan dari seri ini adalah

  • banyak kasus di lapangan yang mengeluhkan bunyi-bunyi steering saat jalan tidak rata, ada yang bisa di perbaiki ada yang memang harus ganti.
  • Jika ada kerusakan di steering rack / EPS harus ganti utuh dengan harga untuk steering rack 10 jutaan dan EPS assy 14 jutaan.
  • Beberapa kasus ada di masalah transmisi dimana mobil kadang tidak bisa jalan meskipun tuas transmisi sudah di D dan ini perlu overhaul untuk pergantian kit-kit nya.

Kelebihannya adalah

  • Harga sparepart lebih murah dibandingkan Alphard seri sebelumnya
  • Jarang ada masalah pada mesin (sesuai pengalaman)
  • Ada beberapa part subtitusi atau part kw di pasaran jika harga genuine part terlalu mahal
  • Harga komponen suspensi cukup murah depan 7 juta ( 1 set) belakang 2 juta (kanan-kiri)
  • Jarang sekali ada keluhan atau kerusakan di pintu sliding

Mobil ini juga menjadi seri paling laris dari Alphard dengan banderol masih di atas 400 – 500 juta tergantung dari kondisi mobil dan tahun pembelian juga.

Alphard TAM

Kenapa saya beri nama Alphard TAM karena mulai beberapa tahun yang lalu Toyota Astra Motor sudah menjual Alphard secara resmi, jadi untuk anda yang ingin mendapatkan Alphard tidak harus ke importir umum karena sudah masuk melalui ATPM, slah satu cirinya adalah grille radiator pada bagian depan cukup besar sehingga ada yang menyebut Alphard Transformer.

gambar toyota alphard keluaran toyota astra motor

Alphard terbaru ini memiliki beberapa pilihan mesin yaitu 2500 cc dan juga 3500 cc dan ada juga yang menggunakan mesin Hybrid atau Alphard Hybrid, karena mobil ini masih terbilang baru maka selama ini belum pernah ada pengalaman pergantian part yang menguras kantong paling adalah biaya untuk perawatan seperti kampas rem, filter, oli dll saja. Untuk harga mobil Alphard bekas seri ini masih di atas 500 juta, jadi mungkin bisa menjadi pertimbangan apakah mau ambil baru saja yang masih ada di kisaran harga di bawah 1 milyar.

Itulah sedikit pengetahuan dari kami yang bisa kami tulis disini, semoga bisa menambahkan infromasi untuk anda, mohon kritik dan masukkanya silakan tulis di komentar, untuk anda yang ingin membeli Toyota Alphard Baru area Jakarta bisa chat di wa di bawah ini.

Jika anda sudah memiliki Toyota Alphard dan ingin membeli sparepart yang genuine part bisa chat wa di bawah ini.

Incoming search terms:

  • tips membeli alphard bekas
  • perawatan alphard bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *