Pentingnya Memahami Cara Kerja Sistem Kerja Pada Mobil Untuk Diagnosa Kerusakan

Posted on

Mobilupdate.net – Ini adalah postingan pertama di bulan oktober 2018 setelah terhitung hampir 2 bulan tidak pernah ada update artikel sama sekali, mohon maaf karena keterbatasan kami dan karena ada beberapa focus pekerjaan offline sehingga blog ini lama tidak ada update lagi, dari 2 bulan ini ada beberapa kejadian di lapangan yang berkaitan dengan dunia otomotif yang mungkin ada sedikit manfaat bagi para pembaca sekalian nantinya yaitu mengenai pentingnya memahami sebuah cara kerja sistem baik elektrik maupun mekanik dalam sebuah kendaraan.

Junction Block Vellfire Rusak

Ini hanya pengalaman saya ketika menangani salah satu klien yang kontak kami dan cerita junction block nya tiba-tiba terbakar, kaget juga bagaimana komponen ini bisa rusak karena jarang sekali ada kejadian kerusakan pada komponen ini, ternyata usut punya usut dari pemilik mobil ini awalnya mengalami kerusakan pada pintu sliding door tidak bisa otomatis, setelah di bawa ke bengkel dalam beberapa pengerjaanya ternyata menggunakan kabel-kabel external yang di jumper kesana kesini, kenapa bisa demikian karena mekanik tidak memiliki wiring diagram dari sistem kelistrikan pintu, entah itu konsleting atau salah mengambil sumber arus akhirnya merembet ke jaringan yang lain.

Dan inilah pentingnya memahami wiring diagram, wiring diagram adalah skema alur kelistrikan pada suatu sistem di dalam mobil, membaca wiring pun juga harus memiliki keahlian karena di sana ada kode-kode komponen, kode warna kabel, dan yang penting harus memahami cara kerjanya sitem tadi, di bawah ini adalah contoh dari wiring diagram dari kendaraan Alphard yang menggunakan sliding door otomatis.

ewd alphard

Dalam pelatihan skil mekanik materi seperti ini biasanya di berikan untuk tingkat menengah sedangkan untuk tingkat dasar hanya sebatas memahami kode-kode saja.

Dari sini kita bisa menyimpulkan keterbatasan kemampuan dan fasilitas akan berpengaruh kepada hasil pekerjaan, dan bagi pembaca semua yang memiliki kendaraan mewah ketika mengalami masalah pada sistem kelistrikan mungkin lebih berhati-hati dalam memilih bengkel, mungkin banyak bengkel yang hasilnya bagus ketika mengerjakan mesin, transmisi , kaki-kaki atau lainnya tapi kalau udah berhadapan dengan elektrik akan amburadul. Saya punya partner senior mekanik dengan training sudah level diagnosa tapi ketika menghadapi trouble kelistrikan bisa langsung keluar keringat dingin, hilang semua katanya yang di ingatan untuk itu bagi bengkel professional memiliki panduan repair manual dan electrical wiring diagram itu sangat penting.

Kembali ke masalah mobil Vellfire, hingga saat ini mobil tersebut belum bisa hidup terakhir padahal insiden menurut orangnya sudah dari seminggu setelah lebaran 2018, dan ketika saya datang ke bengkel kondisi kabel-kabel di bagian mesin sudah di obrak-abrik semua, tidak tahu sampai kapan bisa selesai kalau sudah beres dan bisa di pakai jalan-jalan nanti akan saya bikin postingan lagi disini.

Overhaul Toyota Land Cruiser LC 200

Kasus yang kedua ini adalah engine overhaul alias turun mesin pada kendaraan Land Cruiser LC 200, Mobil mewah bertenaga besar ini harus turun mesin karena kehabisan oli. Pemilik mobil order beberapa part ke saya seperti katup dan juga beberapa metal jalan dan metal duduk.

Awal mula mobil ini mengalami bunyi-bunyi dan kata bengkel harus di turunkan, katanya yang bunyi dari setelan katup setelah bagian atas selesai, mesin di rakit dan di nyalakan teryata bunyi masih terdengar mau tidak mau harus turun lagi dan kali ini semua piston di turunkan crankshaft juga, dan setelah di lakukan pemeriksaan fisik ternyata metal jalan dan metal duduk aus semua, celah oli jadi besar sehingga muncul bunyi.

Setelah semua di rakit semua berjalan normal bunyi hilang tetapi selang waktu sekitar 1 bulan bunyi kembali, dan dilakukan pembongkaran kembali hasilnya beberapa komponen aus lagi bahkan pompa oli juga aus. Dan dari sini kesalahan dari awal adalah dari mana oli bisa habis, dari kejadian pertama mekanik tidak melakukan diagnosa ini hanya mengerjakan ketika mesin sudah tidak benar tidak mencari apa penyebabnya sehingga masalah utama ini muncul.

Dari beberapa pemeriksaan ternyata oli keluar melalui turbo walaupun sedikit demi sedikit tapi asal anda tahu putaran shaft turbo ini mencapai puluhan ribu rpm, ada keausan antara shaft dan seal sehingga oli keluar dari sana dan lama kelamaan akan habis.

Berkaca dari kejadian di atas, menemukan sebab akibat dari sebuah kasus itu sangat penting sekali. Lebih baik membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan diagnosa dari pada harus mengerjakan berkali-kali, lebih banyak waktu, lebih banyak uang dan sangat-sangat tidak efektif.

Ini hanya cerita sedikit mungkin sebagai gambaran, di level skil mekanik training ada namanya NVH yaitu Noise,Vibration, Dan Harshness training ini sudah masuk ke kategori master technician dimana pesertanya di latih untuk mendiagnosa kerusakan berdasarkan getaran, bunyi, dan juga kekerasan misal disini seperti suspensi, pelatihan ini bukan hanya insting tetapi belajar logika berdasarkan pola kerja suatu sistem, baik di bantu menggunakan alat diagnosa seperti sound scoope atau by data dengan menggunakan scanner, setiap bengkel resmi selalu ada teknisi yang memiliki sertifikasi ini dan itu harus karena untuk melakukan diagnose yang lebih detail.

Bagi pemilik mobil penting untuk memiliki partner untuk berbagi jika ada kerusakan pada mobilnya, bertanya pada teman yang lebih berpengalaman.atau anda bisa konsultasi kepada bengkel resmi. Mintalah kronologis pemeriksaan yang dilakukan oleh bengkel apa terdengar masuk akal atau hanya asal. Ini bukan hanya perkara uang tapi produktifitas, semoga bermanfaat, silakan di bagikan ke teman-teman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *