Beberapa Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar

Posted on

Mesin Bunyi Kasar – Mesin mobil terdiri dari banyak komponen yang berputar dan saling bergesekan, tidak hanya di dalam mesin sendiri tetapi komponen bagian luar seperti v belt, bearing. Setiap benda yang bergesekan pasti akan menimbulkan bunyi, untuk itulah di bagian kap mesin di pasangkan peredam bunyi agar meminimalisir bunyi masuk ke dalam kabin. Jika ada bunyi yang upnormal dalam ruang mesin, maka biasanya akan terdengar dari dalam kabin.

Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Bunyi Pada Ruang Mesin Adalah Sebagai Berikut:

Bunyi Mesin Kasar Oli Mesin Kurang

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas komponen-komponen yang bergesekan di dalam mesin dengan membuat lapisan film yang dapat membersihkan kotoran dan juga meredam bunyi gesekan. Jika jumlah oli mesin berkurang maka banyak komponen yang tidak terlumasi secara sempurna sehingga akan menimbulkan bunyi yang lebih kasar dari pada biasanya, dan jika di biarkan hal ini akan menimbulkan keausan yang berlebihan dan bisa menyebabkan kerusakan berat, biasanya bunyi ini di timbulkan di atas di bagian pengaturan katup atau cam shaft kurangnya oli dalam mesin bisa jadi karena ada kebocoran oli, atau karena ring piston yang sudah aus dan tidak mampu menahan oli untuk masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar.

Indikator bunyi : suara seperti ketukkan yang semakin tinggi jika rpm di naikkan

Cara memperbaiki : periksa jumlah oli, jika kurang cek apa ada kebocoran, jika jumlah oli masi cukup sebaiknya di bawa ke bengkel mobil profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut karena bisa jadi ada komponen-komponen yang sudah aus.

Bunyi dari Belt

Belt atau  bahasa lapangannya adalah tali kipas adalah yang menghubungkan beberapa komponen yang berputar di dalam mesin pada umumya adalah untuk memutar kipas radiator, alternator, dan kompresor ac. Bunyi ini biasanya di timbulkan karena kondisi V belt sudah rusak, kotor atau kering. Jika kering bisa di coba di berikan sedikit pelumas untuk bahan karet, jika bunyi hilang maka penyebab utamanya adalah belt tersebut, silakan anda lepas dan periksa apakah ada keretakkan lainnya.

Indikasi bunyi : bunyi biasanya “cit ,,cit” seperti selip

Cara memperbaiki : ganti, bersihkan atau lumasi belt

Bunyi Kompresor AC

Bunyi yang di timbulkan oleh kompresor ac paling mudah di identifikasi, yaitu jika ac di nyalakan akan terdengar bunyi yang abnormal, suara berisik ini biasanya berbunyi “grok grok” ada 2 komponen yang bisa menimbulkan bunyi ini yang pertama adalah bearing kompresor yang kedua adalah dari piston kompresor sendiri tapi yang paliing banyak adalah bunyi dari bearing kompresor, cara memperbaikinya adalah ganti bearing kompresor.

Bunyi karena Bearing-Bearing

Bunyi bearing salah satu bunyi yang sulit di identifikasi bearing mana penyebabnya, jika di bengkel ada alat khusus bernama soundscoope untuk mendeteksi bunyi abnormal, bearing ini megalami kerusakan karena sudah aus yang di akibatkan pemakaian dalam jangka waktu yang lama, bunyi yang di timbulkan oleh bearing ini biasanya seperti mendengung yang terus menerus, semakin di naikkan RPM semakin kencang suaranya apalagi saat mesin panas, bearing yang sering mengalami bunyi adalah bearing tensioner,idler, alternator, kompresor dan water pump.

Bunyi mesin kasar karena mesin nglelitik (Knocking)

Ngelitik merupakan bunyi yang di timbulkan oleh getaran piston yang menghantam dinding silinder, piston ini terjadi karena pembakaran yang tidak tepat atau terlalu maju, jika kendaraan dulu yang masih menggunakan distributor manual , memundurkan waktu pengapian adalah menjadi solusinya, namun untuk saat ini yang sudah pengapian otomatis ngelitik bisa jadi karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat, jika mobil di rekomendasikan menggunakan pertamax, tetapi di isi premium yang memiliki kandungan timbal lebih banyak, maka lama kelamaan akan mejadi kerak yang mudah terbakar di dalam ruang bakar, dan kerak yang membara inilah yang mengakibatkan terjadinya pembakaran lebih awal dan keluar ngelitik, ngelitik terjadi saat kendaraan di akselerasi. Salah satu solusinya adalah gunakan bensin tanpa timbal dan jaga ruang bakar tetap bersih.

Itulah beberapa komponen yang dapat mengakibatkan bunyi yang kasar atau upnormal dari ruang mesin, jika anda mengalami hal-hal di atas segera bawa ke bengkel, artikel di atas berlaku untuk semua kendaraan pada umumnya.

Silakan share jika bermanfaat.

Incoming search terms:

  • penyebab suara mesin mobil kasar
  • suara mesin mobil kasar saat panas
  • suara mesin mobil kasar
  • mesin xenia 1000cc kasar
  • mesin picanto kasar
  • saat ditanjakan suara mesin mobil kasar ford ranger
  • penyebab mesin i-vtec ngelitik saat injak gas
  • mesin mobil sudah kasar
  • menghaluskan suara mesin mobil xenia
  • bunyi krok krok pada mobil

90 thoughts on “Beberapa Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar

  1. Mobil saya avanza th 2017 type E automatic, mesin kadang bunyinya sangat kasar kadang hilang sendiri, bagaimana cara mengatasi dan apa penyebabnya? Mohon penjelasan.

    1. selamat pagi pak bambang, untuk mesin kasar beberapa penyebabanya sudah kami jelaskan di artikel pak, karena mobil bapak ini masih baru dan garansi masih jalan, sebaiknya di periksakan ke bengkel resmi saja pak. apalagi untuk kasus bunyi yang kadang ada kadang hilang ini lebih sulit di bandingkan yang bunyi terus, untuk memastikan apa penyebabnya terima kasih

  2. mohon maaf mobil saya honda city z tahun 2000 suara mesinnya mendengung terutama saat ac hidup penyebabnya apa mohon dijelaskan dan juga ECUnya error,mobil pribadi jadi tiap hari saya pakai mobilnya

    1. selamat pagi, untuk suara dengung di mesin bisa di sebabkan karena bearing, suara dengung akan bertambah ketika beban bertambah, ketika ac di nyalakan beban mesin akan tambah karena menggerakan kompresor, sedangn untuk erornya ECU harus di bawah ke bengkel untuk di scan pak

      terima kasih

  3. selamat malam, sy andri, mobil sy kijang kapsul thn 2000, mau tanya mesin mobil sy apabila dihidupkan suaranya kasar, tetapi apabila RPM nya dinaikan, tdk bunyi kasar, itu gimana ya pak?

  4. Pak inova saya jika dinas atau di tanjakan berbunyi berddecit sudah diganti fanbelt ama kelahar stasioner tp maaasih aja berdecit,,,

  5. Hallo, Pak mobil saya ford fiesta 1.6 tahun 2013, setiap mesin di matikan ada bunyi ngik ngik dan tik tik tik, saya k ford nya mereka bilang itu suara normal dari ngik2 itu throttle body dan tik2 dari vvt, kira2 apa ada solusi untuk mengurangi suara itu?
    Trims

    1. selamat pagi pak

      seperti pada kebanyakan mobil pada umumnya pak, karena saya di toyota bunyi seperti tik2 itu wajar pak salah satunya di bagian catalityc converter, karena temperature cukup panas dan itu adalah reaksi alami yang terjadi ketika proses pendinginan, mohon yang lain bisa menambahkan dan mohon koreksi jika jawaban kami kurang benar,, terima kasih

    2. Pak Adi,mohon bntunya,mobil sya chevrolet aveo,sblm sya semprot pakai solar mobil normal,stlh sy semprot fanbeltnya tidak kuat mutar aplgi nyalakan ac mobil tdk bs dhdpkan kira2 bgmna solusinya apakh sya hrua cuci sektrn fan belt yg kena semprotan minyak?akhrnya sy tdk brni hdpkn mobil takutnya knpa2. mhon jwbnya 081904111859 trma kash.

    1. selamat pagi

      untuk pengecekan suara pada area msin paling enak adalah dengan membuka kap mesin dan di gas lewat throtle, jika bunyi krek..krek kemungkinan besar bukan dari sistem dalam mesin atau bearing karena kalau bearing biasanya berdengung, periksa juga baut pengikat filter udara, kontak penahan kap mesin dengan body (komponen ini seiring timbul bunyi) di akali dengan memberikan isolasi plastik, dan periksa komponen lain yang bergetar

  6. Sore pak
    Saya pke x over 2011, bbrp hr ni suara dan getaran di knalpot agak lebih tinggi dari kondisi sebelumnya.kira2 apa penyebabnya pak

    Mksh sblmnya

    1. selamat pagi pak

      untuk suara dan getaran harus di identifikasi lebih lanjut lagi pak, apakah getaran terjadi akibat ada perubahan pada mesin, atau dalam knalpot sendiri, karena di muffler atau saringan knalpot juga ada beberapa komponen jika rusak kadang menimbulkan getaran, dan mohon di periksa juga untuk kondisisi dudukan dari knalpot tersebut serta di understell apakah baut2 sambungan exaust manifold sampai ke belakang sudah benar2 kuat tidak ada yang kendor

      terima kasih pak

  7. Mobil saya vios G 2006 matic, saat kondisi idle suara mesin kasar dan terdengar seperti suara gesekan, klo di bawa nanjak menggelitik. Apa penyebabnya?

    1. selamat pagi mas

      untuk mesin suara kasar bisa dari jumlah oli yang kurang (periksa jika ada rembesan oli) atau bisa juga dari belt mas,,sedangkan untuk masalah mgelitik, ini di sebabkan terjadi pembakaran lebih awal sehingga benturan antara piston dan dinding silinder menyebabkan suara ngelitik, suaran ngelitik bisa terjadi karena menggunakan bbm oktan rendah sehingga timbul kerak karbon di dalam ruang bakar, akibatnya bisa membakar campuran bahan dan udara lebih dini sebelum busi membakar campuran tersebut. solusi : 1 gunakan bahan tanpa timbal ( pertamax) yang kedua membeesihkan kondisi ruang bakar, bisa dengan menggunakan seperti super engine conditoner tapi ini hanya sedikit mengurangi kalau ingin benar2 bersih bisa di turunkan silinder head untuk membersihkan kerak bagian atas saja tapi juga harus menyiapkan budget lebih banyak, terima kasih

  8. Mobil saya vios G 2006 matic, saat kondisi idle suara mesin kasar dan terdengar seperti suara gesekan, klo di bawa nanjak menggelitik. Apa penyebabnya?

  9. Mlm pak Andhi
    Mau tanya pak mbl sy greco 93 klu br dihidupkan suara kasar dan bergetar tp klu digas suara kasar hilang maupun getarnya hlng jg tp klu ga digas kembali lg tp klu sdh jln agak jauh suara mesin halus bener dan ga getar
    Tlng infonya yaa pak thanks

    1. pagi pak andres

      pertama untuk mesin kasar pak, coba di cek dulu jumlah oli mesin pak, dan waktu pagi tolong di periksa saat di hidupkan di area mesin sumber bunyinya dari mana, apa dari dalam mesin, bearing, atau belt. sedangkan untuk getaran mesin bisa di periksa kondisi engine mountingnya pak, kalau semakin naik rpm semakin halus mesinnya itu wajar karena intensitas getaran semakin rapat, terima kasih pak atas pertanyaannya semoga yang lain bisa membantu

  10. Mobil saya Sirion 2012, klw di star dihidupkan suaranya kasar dan getaran nya sampai ke kabin, mesinkan sm dgn Xenia 1.3 vvti,,ttapi knp mobil sy suaranya lbh kuat,,pdhal tdk di pijak gas,,,tks pk sarannya..

    1. pagi pak..

      jika suara kasar mohon di cek dulu jumlah olinya cukup apa tidak, atau ada bunyi lainnya,, kalau getarannya besar mohon di cek engine mountingnya bila salah satu ada yang rusak getaran mesin akan semakin besar dan terasa masuk di dalam kabin, mohon di bawa ke bengkel untuk memastikan kerusakan part yang menyebabkan kejadian tersebut sebelum memutuskan untuk pergantian

  11. Mobil katana saya berbunyi kasar saat mesin panas di bagian timing belt padahal tensioner dan timing belt baru,sudah dilepas semua panbelt,,tetap berbunyi,samapai bengkel2 bingung cara memperbaikinya..mohon solusi,Tks

    1. malam pak

      memastikan bunyi2 memang agak sulit pak,, tapi kalau bapak curiga bunyi timming belt, belt jarang sekali bunyi selama tensionernya bekerja normal pak, harus di jelaskan dulu bunyinya seperti apa pak,, atau2 jangan2 bunyi dalam mesin sendiri. mohon di infokan suaranya terdengar seperti apa pak,,, kalaumasih belum ketemu, coba cari bengkel yang memiliki alat sound scope untuk mendeteksi adanya bunyi pada suatu obyek

    1. selamat pagi, bisa di periksa di bagian muffler nya pak atau peredam yang besari di bagian belakang, atau di bagian persambungan lainnya yang paling mudah adalah mobil di naikkan dan mesin di hidupkan sambil di akselerasi untuk mendapatkan sumber bunyi yang lebih akurat, terima kasih

  12. Pagi pak, saya mau tanya, apa penyebab bunyi mesin mobil soluna saya jadi kasar setelah ganti seal klep ? dan kurang bertenaga, apalagi jika ac dihidupkan.

    1. selamat sore pak

      alasan di ganti seal kenapa pak, kalau habis bongkar pasang seal bisa jadi setelan katup tidak sesuai pak, karena solusina ini menggunakan shim yang memiliki spesifikasi celah katup, mungkin pertama kali bisa di cek di bagian tersebut pak terima kasih

  13. Selamat siang pak
    Saya mau nanya ni. Mobil Inova bensin saya setiap menyalakan pagi hari ada bunyi kraaakk pada mesin depan setelah beberapa saat suara menghilang

    1. selamat pagi pak, bunyi krak saat starter pagi hari ini biasanya normal pak jika bunyi langsung hilang saat mesin sudah menyala, bunyi ini terutama pada komponen timing chain atau rantai penghubung, karena di bagian ini belum ada pelumasan ketika masih pagi karena semua oli turun,misal bunyi nya tidak hilang sampai mesin hidup maka harus di periksakan ke bengkel dulu pak

  14. Malam pak , pny saya ertiga 2012 GL di bagian mesinnya bunyi tak- tak kebtulan baru beli belum cek bengkel mohon pencerahannya trims

  15. selamat pagi, saya mau tanya mobil innova saya kemrin kena silinder head air radiator habis sangat patal sekali dgn kondisi ini , saya tidak tau harus gimana lagi waktu saya masuk ke bengkel mobil saya mengalami suara kasar serta tidak stabil . minta pencerahan bapak dan om om terima kasih

  16. Sebelum sy cuci luaran mesin dengan air sabun suara mobil saya mormal dan halus.. setelah saya cuci dengan air sabun pada bagian fanbelt dan puli suara mesin mobil saya seperti ada yg berkikisan

    1. malam pak

      sisi belt memang seperti itu pak, karena terjadi selip juga bisa, ada beberapa type belt yang di kasih pelumas malah rusak dan tidak bisa di gunakan lagi.
      coba di cuci lagi bersih tanpa menggunakan sabun, jika tipe belt yang V- belt bisa di lumasi pakai rubber grease tapi jika model ribbed belt (garis2) di larang di lumasi cukup di cuci saja

    1. selamat sore pak

      kalau habis ganti tie rod sebenarnya gak ada hubungannya dengan mesin pak,, karena tanpa menyentuh mesin pun tierod bisa di ganti, jadi di bawa ke bengkel saja dulu pak, kalau mesinnya kasar berarti ada masalah lain selain tie rod terima kasih

      1. Ngeri pak bunyinya kayak vespa. Mobil barusan diservis jg. Ini td baru dtg tie rod sy pasang. Dan liat dipalu utk melepas tie rodnya. Apa pengaruh thd bunyi knalpot yg kasar pak.

  17. Permisi saya mau tanya
    Mobil saya avanza tahun 2011
    Sebelumnya pernah bunyi kasar tek tek tek saat di bawa parkir depan rumah lalu bongkar dan ganti stang seher karena bengkok sedikit
    Di bengkel yg tidak resmi
    Setelah itu sempat normal tp sebulan kemudian suara kasar itu terdengar lg tapi tidak separah sebelumnya
    Suaranya tek tek tek saat langsam
    Padahal 2 bln setelah perbaikan sudah ganti 2x ganti oli.
    Sebulan setelah perbaikan pada saat bunyi itu dtg lg saya ganti oli nya normal lg suaranya baru seminggu ganti oli bunyi itu dtg lg
    Kira2 apa yh penyebab nya?

    1. selamat pagi
      bunyi tek tek langsam yang seiring dengan putaran mesin coba di cek lagi di bagian setelan katupnya, banyak juga bengkel ketika bongkar main bongkar saja tidak memberi tanda pada lifter dia posisi berapa jadi saat di pasang di acak dan celahnya beda2 sehingga timbul bunyi

  18. Pagi pak, mobil sy accord cielo 95 manual, apa beda oli transmisi dan oli gardan, kalau oli transmisi pakai oli apa yg cocok dan bagaimana cara ganti olinya.

    1. malam pak

      oli gardan setahu saya sama pak dengan transmisi memang ada juga kadang yang beda, kalau di sedan karena transmisi dan gardan jadi satu jadi namanya transaxle olinya jadi satu pak , mohom koreksi jika salah pak

  19. Malam pak,

    Mobil saya vios 2004, jika dipanaskan di pagi hari, suaranya terdengar kasar seperti bunyi tek tek, tapi setelah mesin panas, suara tek tek nya perlahan mengecil.

    Kira2 permasalahannya dimana ya pak ???

  20. Malam pak,

    Mobil saya vios 2004, jika dipanaskan di pagi hari, suaranya terdengar kasar seperti bunyi tek tek, tapi setelah mesin panas, suara tek tek nya perlahan mengecil.

    Kira2 permasalahannya dimana ya pak ???

    1. selamat pagi
      biasanya permasalahan ada di timming chain pak, sudah waktunya di ganti,plus sprocet gear dan tensioner chainnya di periksa juga sliper chainnya jika sudah aus.. bunyi ini hanya berisik tapi dalam waktu dekat tidak berbahaya untuk kendaraan

  21. Selamat malam Pak…
    Mobil saya Mobilio 2016….suara kasar terjadi ketika mobil baru dihidupkan pagi hari…atau juga ketika sore tapi mobil berhenti dari siang….kejadian ini terjadi skitar 1 bulan sejak saya ganti oli….sy termasuk awam tentang oli…bengkel rekomendasikan oli Total Quartz INEO MC3 5W-30….jd saya ganti oli tersebut…

    1. selamat pagi

      untuk bunyi di pagi hari biasanya terjadi karena oli belum naik pak, kalau hanya sebentar dan setelah itu hilang itu masih normal, coba untuk memastikan kalau itu emang dari jenis olinya untuk pergantian selanjutnya menggunakan oli lain yang bapak gunakan sebelum ganti oli terakhir, pastikan juga tidak ada kebocoran di sistem olinya pak

  22. Ass maf om sblm nya klo sya mau tanya mobil saya xenia great 2016 mobil sya knpa y klo panas bunyi tik tik tik di bagian atas mesin .tpi klo mesin msh adem tidak bunyi suara itu .sudah sya bawa ke bengkel resmi bilng nya mesin tidak ada kndala apa2 mesin normal .mksh om

    1. selamat pagi

      itu suara normal pak, suara berasalah dari katalis pembuangan, terdengarnya di atas mesin, karena ini proses alami katalisasi stelah pembakaran, normal pak,,,

  23. selamat siang pak
    mobil saya great xenia 2016 klo di kasih panas pagi hari terdengar bunyi tek..tek…tek..tp klo mesin sdh panas bunyi itu agak kecil suaranya kadang menghilang….msh kategori amankah mesin mobil tsb..trimz

    1. pagi pak

      aman pak,, tapi coba di cek dulu jumlah oli dan kualitas olinya pak, jangan pernah menambahkan zaf aditif dengan alasan untuk memperawet masa kerja oli terima kasih

      1. oli 0w20 astra daihatsu genuine…
        boleh kah sya ganti oli tipe sama tapi merk berbeda (castrol, motul, toyota dll)
        siapa tau tek tek’nya hilang sama sekali ?
        klo tek tek’nya di biarkan kira2 dlm jangka waktu brpa lama dapat memperparah kerusakan mesin ? trimz

        1. kalau mau ganti oli tidak apa2 pak, kalau bunyinya tidak akah hilang pak, karena ini normal, yang tidak normal adalah ketika mesin sudah hidup lama dan masih bunyi ini baru tidak normal, dan hal ini tidak akan membuat kerusakan.

          1. saat bunyi tek tek berlangsung bolehkah menaikkan rpm 1000 (pasang ac) agar bunyinya cepat hilang ? dan benda apa yg menyebabkan bunyi itu terjadi… apakah akan menyebabkan aus komponen yg berbenturan itu…

          2. kalau pagi hari itu biasanya bunyi karena oli belum naik saja, kalau sesaat dan hilang tidak masalah, semua kompnen yang bersinggungan pasti menghasilkan bunyi dan oli sebagai pelumas dan peredam suara tersebut

  24. saat kendaraan di parkir sekitar 3~4 jam kemudian mesin di nyalakan dan bunyinya muncul kembali lalu gak lama bunyi jd pelan/hilang…itu bagaimana ya….

      1. great xenia r sporty 2015…di panasin pagi stlh idle bunyi tak tak tak tek tek tek pokoknya rame…jelas dengernya dari kolong depan mobil…5~6 menit mulai mengecil atau hilang kayaknya…mesin di matikan sekitar 3~4 jam kemudian di stater bunyi lagi trus hilang…jadi bingung deh..pernah bawa di Beres bunyinya hilang jd ga dapat masalahnya…panggil teman mekanik ke rumah pagi2 lsg stater rpm idle bunyi datang lagi…jawaban mekanik oli blm naik jadi klo pagi panasin dlu sampai suhu mesin ideal (kipas berputar) itu makan wkt 25~30 menit (boros bbm) baru mobil di jalankan…pertanyaan sya apakah bunyi2 itu seiring waktu (walaupun oli di perhatikan) akan semakin ribut/keras suaranya dan intensitas bunyinya semakin lama (dari 5 menit menjadi lebih)..dan komponen apa yg penyebab bunyi tsb…apakah rpm 500~600 saat idle mempengaruhi munculnya bunyi tsb…bisakah faktor oli menghilangkan bunyi tsb…mohon pencerahannya…trim

        1. bunyi awal tidak bisa di hilangkan karena memang komponen belum terlumasi,banyak komponen yang menimbulkan bunyi, tetapi yang paling besar adalah timming chain dan camshaft yang bersinggungan dengan valve lifter, menurut pengalaman bunyi nya tidak akan bertambah lama kecuali timming chain memang benar-benar sudah aus. munculnya bunyi ini memang murni dari mekanisme komponen jadi tidak ada hubungannya dengan tinggi rendahnya rpm. yang tidak normal adalah jika di hidupkan terus bunyi tidak akan hilang, karena ketika mesin di matikan semua oli akan turun lagi ke dalam oil pan. dan saya rasa di bawa ke bengkel manapun pasti akan menjawab sama

          1. jadi mobilnya msh kategori aman di pakai ya (tidak ngebut & beban berat)…ketika dlm keadaan mesin idle dan bunyi tak tak (blm terlumasi oli/panas) apakah mobil blh dijalankan
            pelan2 sampai mesin panas dengan sendirinya dan bunyi2 hilang ?

  25. Mohon pencerahaannya dong om, mobil saya kalau pas awal sekitar 10 menit nyala bunyi masih halus,,, tapi kalau sudah lebih dari 10 menit alias sudah mulai panas kok bunyi kasar ya kayak mesin diesel….mohon infonya om. terimakasih.

  26. Pak, mohon bantuan nya.
    Mobil saya innova diesel, saat di hidupkan seperti bunyi mendengung suara mesin nya. Setelah saya cek, bunyi nya berasal dari timing belt, dan gigi timing belt yang paling bawah nya, seperti goyang, atau naik turun saat di hidup kan.
    Apakah ada gejala kerusakan atau gimana pak, mohon pencerahan nya pak.
    Saya sudah bawa ke bengkel, katanya sih normal pak, tapi saya kurang yakin pak.

    1. malam pak, kalau boleh tahu bengkel mana yang cek pak. gimana cara dia ngeceknya. bunyi di dalam timing belt memang biasanya dengung pak, tapi bisa juga dari komponen berputar lainnya. bisa jadi karena tegangan belt kendor, untuk yang goyang itu gigi timing belt atau pulley crankshaft pak, karena kalau mau cek gigi timming belt harus lepas cover dulu, kalau tidak yakin satu bengkel coba di bawa ke bengkel lain dan di mintai pendapatnya, dan yang paling mudah untuk analisa adalah dengan membandingkan mobil dengan type yang sama apakah memang ada perbedaan untuk bunyi nya

  27. malam om… mobil sy grand vitara 2.0. bunyi tek-tek pada bagian atas mesin. apakah bunyi itu karen noken as ? karena noken as sempat di amplas, luka akibat gesekan

  28. Selamat siang pak ! Saya dedi. Mobil saya honda city vtec 2007. Baru2 ini mobil saya suaranya kasar seperti parutan kelapa pak setiap mau di hidupin … di gas dan tarikannya msh enak klw di bawa kemana2 … cmn suaranya itu gemuruh kasar.. suaranya hilang klw udh jln +-500m … atau gak acnya dihidupin suaranya ngecil2 dan hilang.tpi klw ac gak hidup . Gak hilang2 suaranya pak .. oli, busi, bru gnti 1bulan padahal sklian service. Ehh baru2 rewel langsung mobil saya pak. Mohon pencerahannya. Mksh

  29. Pak mau tanya mobil saya honhida city 2004,sudah 2bulan lebih mobil saya kalo pas jalan cm 20 gak suara mesin biasa pak tapi kalo nambah Kecepatan suara mesin kayak dengung kayak suara pesawat suaranya terdengar kuat dari samping pintu depan, itu penyebabnya apa ya pak? Saya tanya di bengkel honda katanya mesin nya bagus gak ada masalah tp yg saya heran begitu jalan mulai ngebut suara mesin mulai dengun pesawat lagi, sebaiknya apa yang harus d periksa pak, terima kasih

    1. Selamat pagi ibu nadya, bunyi dengung bisa jadi bukan dari suara mesin tetapi dari lainnya seperti sistem roda2 karena di sana ada juga bearing, drive shaft dan juga ban sendiri, ban juga bisa menimbulkan bunyi jika kondisinya tidak bagus, sebaiknya saat di bawa ke bengkel honda jangan hanya di periksa mesinnya saja, mintalah test drive bareng dengan teknisi sehingga ketika bunyinya muncul teknisi bisa memberikan analisa lebih lanjut. karena kebanyakan teknisi hanya mengerjakan di dalam bengkel bahkan ada yang sampai tidak mengetahui masalahnya dimana atau tidak tahu sendiri kapan masalah itu munculnya.

  30. malam pak adi,mhon bntuanya,mobil saya aveo 2008 sblm sya semprot pakai solar mobil normal Sj stlh slesai semprot fanbel malah tdk kuat bahkm kl hdpkan ac fanbel paling bwh kdg hdp kdang mati,akrnya sy tdk brni hdpkn mobil kykx fanbelnya keslip.mhon solusinya 081904111859

  31. Siang pak Andhi, mobil saya Avanza 2011, saya mau tanya pak kenapa disaat di gas atau saat rpm tinggi ad bunyi” ngeletek” sedikit terus hilang

    1. malam pak, kalau bunyi ngelitik saat rpm tinggi bisa jadi ruang bakar sudah kotor pak sehingga ada kerak karbon yang terbakar dan membuat pembakaran jadi kurang bagus sehingga timbul knocking atau ngelitik. mungkin saran bisa di bersihkan ruang bakarnya dengan menggunakan chamber clean, setelah itu coba gunakan bahan bakart pertamax plus atau pertamax turbo rasakan bedanya

  32. selamat siang pak. mobil saya nissan serena HWS tahun 2007. pada saat di starter kenapa ya suara mesinnya jadi kasar? tapi setelah di gas tidak kasar. apa yang harus saya lakukan dan mungkin alat yang perlu di ganti. Terima kasih

    1. apakah bunyi kasar dari starter atau dari mesin pak, kalau saat starter kasar bunyi krek.,,bisa jadi dari one way clutch, kalau bunyi kasar dari dalam mesin dan hanya sejenak, mungkin karena oli belum naik saja, tidak usah kwatir selama berkendara normal suara kasar tidak muncul

  33. Mobil sy hyundai accent th 2000, saat awal mesin di hidup ada suara srek2 sangat kencang, dan mesin ketika panas atau keadaan kena macet mobil tidak ada tenaga dan ndut2an. Apa penyebabnya ya min, terimakasih

    1. pagi pak

      untuk bunyi bisa jadi dari beltnya pak, untuk saat panas ini bisa jadi dari coil nya atau sistem lainya karena sistem injeksi ini saling berkaitan tidak bisa memvonis kerusakan hanya pada satu item saja tanpa di periksa dulu pak, jadi sebaiknya di tune up dulu saja pak terima kasih

  34. Selamat pagi pak, mobil saya tesen th92, waktu rpm tinggi kenapa ya kok ada bunyi kasar didalam mesin? tapi kalu rpm nya rendah bunyinya hilang, itu awal terdengar waktu mobil saya bawa nanjak pas hampir sampai ujung langung terdengar suara kasar didalam mobil, apa penyebabnya ya pak? Trimakasih

    1. pagi pak, untuk penyebab bunyi di dalam mesin ini cukup komplek pak, banyak komponen yang bisa mengakibatkan bunyi apalagi kondisi mobil sudah lebih dari 20 tahun. banyak komponen yang aus di dalam juga bisa menyebabkan bunyi pak, jadi harus di periksa langsung

  35. selamat siang min…
    saya mau tanya, mobil saya Xenia 1000 cc th 2009. Kalau pagi / mesin dingin di stater suara mesin kasar dan bunyi krotok-krotok di bagian bawah mesin, RPM tinggi kemudian turun / normal. Idle sensor sudah ganti, timing belt juga sdh ganti, fan belt masih bagus. Bunyi juga timbul bila RPM tinggi diatas 2,5-3. Walaupun kopling ditekan bunyi masih ada. RPM lambat turun pada saat perpindahan gigi dari 1 ke 2. Keadaan ini terjadi setelah penggantian paking head mesin atas karena sebelumnya ada rembesan oli. Mohon bantuan pencerahannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *