50% lebih pemilik SIM di Negara ini hasil “Nembak”

Posted on

Mobilupdate.net – SIM atau Surat Ijin Mengemudi bagi banyak orang masih di anggap hanya sebagai kartu untuk lolos dari operasi polisi di jalan, tetapi bagi anda yang pernah mendapatkan SIM dengan benar-benar mengikuti ujian pasti akan merasalan manfaatnya ketika di jalan, tidak salah ketika di jalan ada pengendara ngawur sering terlontar kata “ gak punya SIM nih orang” atau kadang “dasar SIM beli”, ini adalah realita mungkin dari pembaca ada yang pernah mengalami hal demikian ini.

Ternyata fenomena ini tidak terjadi di Indonesia saja, ada Negara yang hampir separo SIM yang di miliki warganya dari hasil “Nembak” yaitu India. Data di di ambil dari sebuah lembaga survey yang bernama SaveLife Foundation.

Beberapa daerah seperti di Agra hanya 12% saja penduduk yang memiliki SIM yang di dapatkan dengan ujian resmi, sisanya tanpa melalui prosedur, daerah lain seperti Guwahati, Jaipur di atas 64 % warga disana mendapatkan SIM tanpa menjalani tes menyetir.

Kota di atas adalah kota kecil , bagaimana dengan kota besar seperti New Delhi dan Mumbai ternyata 52% SIM yang di dapatkan di sana tanpa melalui prosedur.

Ujian SIM sebenarnya sudah lengkap jika sesuai dari prosedur, di awali dari tes kesehatan, selanjutnya tes tulis, tes tulis ini cukup penting karenan untuk mengukur seberapa jauh peminta SIM memahami rambu-rambu lalu lintas, dan berbagai permasalah di jalanan yang ada kaitannya dengan keselamatan kita dan juga keselamatan orang lain, sedankan yang terakhir adalah tes jalan baik itu untuk mobil maupun untuk motor, bagi yang masih mau cari SIM nembak mari kita disiplin untuk mengikuti prosedur yang sudah ada untuk lebih beretika ketika di jalan raya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *